6 Tips Membuat Dapur dengan Tampilan yang Cantik

Dapur anda terlihat kotor dan pengap karena aktivitas memasak? Ternyata permasalahan ini sering banget loh dialami oleh ibu ibu di rumah. Ditambah lagi dengan noda bekas percikan minyak pada dinding dan gorden, yang nggak hilang jika dibersihkan. Tentu saja, hal ini membuat banyak orang malas untuk memasak ataupun menginjakkan kaki ke dapur.

Jika mengalami permasalahan tersebut, berarti sudah saatnya anda harus memperbaiki kondisi dapur. Karena dapur yang cantik dan bersih, pastinya ngga bakal bikin anda terburu buru deh ketika memasak. Lagipula, kini tren tampilan dapur sangat berbeda loh dengan jaman dulu.

Jika dulu dapur berada di area belakang dengan penutup gorden, lain halnya dengan sekarang. Nah, untuk mendapatkan tampilan dapur yang cantik, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan.

Tips untuk Membuat Dapur dengan Tampilan yang Cantik

Sudah penasaran ingin tahu seperti apa tips membuat dapur cantik? Ini dia tips untuk dapur anda.

1. Lakukan penataan yang tepat

Salah satu hal terpenting untuk mendapatkan tampilan dapur yang cantik, yakni dengan melakukan penataan yang tepat. Desainlah dapur anda dengan penempatan rak, kompor, wastafel, meja dapur, serta tempat pembuangan yang tepat. Selain itu, buatlah area mobilisasi yang cukup longgar agar kegiatan masak ada jadi lebih fleksibel.

2. Tambahkanlah mini bar ataupun meja makan

mini bar dapur

Mini bar pada dapur ini, memang kian diminati untuk desain dapur modern dan minimalis. Selain mini bar, anda juga bisa loh menambahkan meja makan di depan kitchen table. Jadi ketika ingin makan ataupun sekedar ngemil, anda bisa nih duduk santai di dapur.

3. Desain dapur multifungsi

Untuk menambah tampilan dapur Anda agar makin cantik, desain multifungsi ini sangat efektif loh buat anda terapkan. Gabungkanlah area dapur agar menyatu dengan ruang keluarga, ruang makan, hingga tempat untuk bersantai. Anda hanya perlu menggunakan sekat seperti lemari, sofa, partisi kayu, dan juga gorden. Desain ini memberikan suasana yang bebas dan membuat ruangan tampak lebih luas loh.

4. Sirkulasi dan pencahayaan yang baik

Dengan membuat sirkulasi dan pencahayaan yang baik, dapur anda akan terhindarĀ dari udara gerah dan pengap ketika memasak. Sebaiknya, anda perlu menambahkan jendela yang lebar di dekat dapur. Nah, supaya privasi anda ketika memasak tidak begitu terekspos, tambahkanlah gorden jendela yang bisa membuat udara tetap bebas keluar masuk.

5. Penggunaan kitchen set

kitchen set

ā€‹Keberadaan kitchen set di dapur, tentu sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Kitchen set ini bisa anda gunakan untuk menyimpan berbagai peralatan dapur. Namun jika dirasa biayanya begitu mahal, cobalah menggunakan jenis rak terbuka ataupun rak penyimpanan di bawah meja dapur. Dengan begini, peralatan di dapur anda lebih tertata rapi dan terhindar dari kondisi berantakan.

6. Pilihlah furniture yang tepat

Beberapa jenis furniture yang bisa anda aplikasikan di area dapur, contohnya saja seperti meja keramik, kitchen set stainless steel, serta gorden jendela dari bambu atau kerai. Jenis furniture ini lebih mudah untuk dibersihkan, sehingga dapur anda tetap bersih dan cantik.

Demikianlah 6 tips untuk membuat dapur anda jadi lebih cantik. Dengan menerapkan tips ini, nggak bakal ada lagi deh dapur kotor dan berantakan!