Intip Tipe Jendela Yang Cocok Untuk Penggunaan Vertical Blind

Tahukah kamu kalau saat ini windows blind makin banyak peminatnya, apalagi vertical blind yang merupakan jenis tirai lipat otomatis atau manual yang akan menambah kesan indah pada jendela. Tapi ternyata tak semua tipe jendela cocok dipasangi jenis tirai ini, ada yang malah membuat dekorasi ruangan menjadi amburadul karena kesalahan kecil tersebut. Mau tau tipe jendela yang cocok?

Tipe Jendela Untuk Vertical Blind

5 Tipe Jendela Ini BIsa Diberi Sentuhan Vertical Blind

Banyak arsitek menilai bahwa menggunakan tirai vertikal otomatis ini bisa memberikan kesan mewah dan elegan pada sebuah ruangan. Pantas saja jika rumah hingga perkantoran banyak yang menggunakannya. tapi sebaiknya dipasang pada tipe jendela stationary, bay, sliding, awning dan hopper yang memiliki ukuran kaca lebih luas jika dibandingkan jenis lainnya.

Jendela Stationary

Merupakan tipe jendela mati atau tidak memiliki bagian untuk membuka atau menutupnya. Biasanya dibuat hanya sebagai tambahan interior pada rumah minimalis, dan letaknya di bagian sudut sebuah ruangan. Pemakaian blind vertical sangat tepat, karena akan membuat jendela menjadi bagian ruangan yang lebih privat apalagi pada malam hari.

Selain itu penggunaan tirai jenis ini juga akan membantu mengatur jumlah cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan. Makanya selain perumahan, kantor juga banyak menggunakan tipe jendela ini terutama di ruangan yang menggunakan air conditioner.

Tipe Jendela Untuk Vertical Blind

Jendela Bay

Jendela tipe ini banyak dipakai di perumahan gaya Eropa karena bentuk uniknya yang menjorok keluar dari bangunan rumah sehingga membentuk lengkungan. Biasanya diaplikasikan untuk ruang privat dan bersantai, jadi cocok kalau dipasangi blind vertical agar ruangan terlihat lebih nyaman dan menyenangkan.

Walaupun berbentuk melengkung, namun tetap bisa menggunakan tirai jenis ini dengan membaginya sesuai dengan jenis jendela. Jadi kamu bisa membuka tirai mana saja yang kamu inginkan, beda dengan jendela jenis lain yang kebanyakan menggunakan blind vertical satu untuk semua.

Tipe Jendela Untuk Vertical Blind

Jendela Sliding

Merupakan jenis jendela yang cara membukanya dengan menggeser ke kiri atau kanan. Karena tidak membutuhkan ruang untuk membukanya maka penggunaan tirai lipat ini sangat cocok, biasanya dipakai untuk ruang meeting di kantor, atau jendela ruang makan dan dapur rumah modern. Kamu bisa memilih tirai dengan bahan serat alami agar kesan minimalis dipadu modern terlihat lebih sempurna.

Tipe Jendela Untuk Vertical Blind

Jendela Awning

Adalah jendela yang cara membukanya ke arah bawah luar bangunan, jadi tepat jika dipasangi vertical blind, karena tidak akan mengganggu proses buka tutup jendela, dan bisa menjadi pelapis jendela ketika matahari bersinar terlalu terik. Kamu bisa memasangnya pada jendela awning berukuran besar atau kecil. Jangan lupa untuk memastikan ukuran tirai bisa menutupi semua bagian jendela.

Tipe Jendela Untuk Vertical Blind

Jendela Hopper

Kebalikan dari awning, hoppers adalah tipe jendela dengan cara membuka ke arah atas, dan biasanya dipakai pada rumah yang di bangun di daerah dingin, untuk meminimalisir udara dingin yang masuk. Penggunaan blind vertical juga sangat cocok pada tipe ini, apalagi jika ukuran jendela cenderung besar agar dapat memaksimalkan fungsi jendela saat udara tidak bersahabat.

Apakah jendela di rumah atau kantormu masuk salah satu tipe di atas? kalau benar, maka akan sangat cocok jika kamu beri sentuhan vertical blind. Tak perlu berbahan tebal, cukup yang tipis namun kuat dan bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Jangan memaksakan pakai tirai ini pada jendela yang tidak cocok, karena kamu pasti akan kecewa dengan hasilnya.