Ruang Belajar Nyaman, Resep Manjur Agar Anak Rajin Belajar

Ayah dan Bunda lagi galau karena anak tercinta suka malas kalau disuruh belajar? Hmm, jangan-jangan semangat belajarnya menurun, gara-gara salah saat menata ruang belajarnya nih. Penelitian sudah mengonfirmasi kalau persentasi dan dekorasi ruangan punya pengaruh besar terhadap suasana hati loh. Makanya, jangan sembarangan menata ruang di rumah ya! Soalnya setiap warna dan furnitur yang kita pilih, ternyata bisa memicu perasaan dan mood yang berbeda-beda.

Kalau sudah terlanjur, jangan sedih dulu. Kita masih bisa kok merombak ruang belajar anak, biar semangat belajarnya jadi menggebu-gebu lagi. Tenang, nggak harus dibongkar ulang kok. Kalau mood yang ditampilkan sudah bagus, Ayah dan Bunda tinggal menambahkan aksesori penunjang, seperti kaca cermin unik dan meja belajar dengan warna dan desain yang kreatif.

Tapi sebelum sibuk pilih-pilih aksesori untuk ruang belajar, pastikan ruang belajar anak sudah memenuhi dua syarat berikut ini:

  • Nuansa ruangan

Warna punya pengaruh kuat untuk psikologis anak. Warna-warna yang ceria dan terang akan mengeluarkan sisi terbaik anak. Begitu pula sebaiknya, warna-warna gelap akan membawa suasana hati yang muram. Disarankan untuk memilih warna merah, kuning, biru dan hijau yang akan memberikan efek nyaman, rileks dan membantu menajamkan fokus dan semangat anak.

  • Pencahayaan

Pencahayaan jadi faktor penting dalam ruang belajar. Pastikan cahaya di ruang belajar tidak terlalu terang atau pun terlalu redup.

Aksesori yang Tepat Untuk Ruang Belajar

Tidak hanya warna dan cahaya, aksesori juga punya dampak besar terhadap semangat belajar anak loh! Ya, meski terlihat sepele, rupanya sentuhan personalisasi dalam ruang belajar, ampuh bikin anak betah dan makin semangat untuk belajar.

1. Meja Belajar

Meja belajar punya peranan besar untuk semangat belajar anak. Coba deh ganti meja belajar anak dengan desain yang lebih kreatif. Bisa meja belajar bergambar karakter favorit mereka. Atau meja belajar berbentuk hiu ini. Anak-anak dijamin bakal semangat dan betah berlama-lama di meja belajar barunya yang unik.

 

Meja belajar multifungsi dengan tambahan kaca cermin ini juga bisa jadi pilihan.

 

Pastikan juga meja belajar anak selalu bersih dan rapi ya. Kalau bisa tatalah seciamik mungkin agar mereka makin betah duduk berlama-lama. Ayah dan Bunda juga bisa menaruh barang-barang di bawah ini nih:

  • Tanaman indoor. Selain cantik, tanaman indoor seperti kaktus, bambu hias dan lidah mertua juga bermanfaat untuk sirkulasi udara di ruang belajar.

 

  • Mainan kesukaan. Action figure, boneka favorit dan mainan kesukaan lainnya sebagai sentuhan personalisasi, agar anak merasa memiliki ruang belajarnya.

2. Papan Tulis

 

Agar makin fokus dan semangat belajar, tambahkan juga papan tulis di ruang belajar. Jangan pilih whiteboard biasa ya. Coba pasang papan tulis porcelain yang lebih mudah untuk dibersihkan. Bahkan saat menggunakan spidol permanen. Atau bisa juga menggunakan papan tulis kaca yang lebih tahan lama, dilengkapi dengan magnet, mudah dibersihkan dan ramah lingkungan. Kedua jenis papan tulis ini bisa ditemukan di tempat yang jual papan tulis kaca kok!

3. Dekorasi Unik

Biar anak semakin semangat belajar, Ayah dan Bunda juga bisa menambahkan elemen dekorasi unik berbentuk karakter kesukaannya, misalnya:

  • Kaca cermin karakter.

 

Selain memberikan efek lega terhadap ruangan, cermin karakter favorit di dalam ruangan belajarnya akan membuat anak betah dan makin semangat belajar.

  • Kabinet multifungsi.

 

Punya nilai plus sebagai dekorasi, stool berbentuk hippo ini juga bisa jadi media anak untuk belajar membereskan barang-barangnya sendiri.

  • Lampu belajar karakter.

 

Lampu belajar karakter

Jangan fokus sama kualitas pencahayaan aja, karena bentuk lampu belajar yang unik juga bakal menaikkan semangat anak nih. Coba deh, pilih lampu rajut dari brand Pijarca ini untuk menghiasi ruang belajar.