Plus-Minus Rumah Minimalis Dengan Dak Beton yang Harus Kamu Tahu

Rumah terdiri gabungan beberapa komponen konstruksi. Pondasi, lantai, dinding, dan atap harus sesuai dan menyeluruh, terutama bila menerapkan satu gaya arsitektural, seperti minimalis. Model atap yang datar dan tambahan dinding yang geometris, struktur konstruksi harus kuat dari seluruh sisi, terutama bagian atasnya. Rumah minimalis paling sering pakai dak beton untuk bagian atap, karena berbagai keunggulannya.

Rumah Minimalis Dengan Dak Beton

Dak beton dibuat dengan cor beton oleh tukang bangunan dengan ketelitian yang mendetail. Selain campuranya harus pas, bentuk minimalis yang umumnya beratap datar paling cocok dengan dak beton. Namun juga perlu menggunakan jasa lain agar atap tidak bocor. Umumnya menggunakan jasa floor hardener dan waterproofing untuk memberikan lapisan anti air. Bila ingin menggunakan dak beton untuk rumah minimalis anda, kenali dahulu beberapa keuntungan dan kekurangannya.

Kelebihan Dak Beton 

Dibandingkan dengan model atap lainnya yang runcing, berbentuk pelana atau limas atap, bagian atap rumah minimalis lebih dikenal dengan atapnya  yang datar.  Agar kuat dan berbagai keperluan estetika lainnya sesuai gaya minimalis, dak beton ideal digunakan dikarenakan beberapa hal berikut.

  • Membuat dak berbahan beton. atap anda memiliki pondasi kuat untuk penambahan tinggi bangunan bula diinginkan. Dengan bentuk dak yang datar serta berbahan beton, modifikasi konstruksinya akan lebih memungkinkan. Renovasinya tidak akan sulit dan lebih cepat digunakan.
  • Pakai dak beton maka bagian atas rumah anda akan kuat dan tidak gampang rusak. Pengunaannya akan tahan cuaca, baik kondisi panas terik, hujan deras maupun terpaan angin kencang. Selain material beton sudah cukup keras, dengan tambahan waterproofing integral memberikan lapisan anti air pada bagian yang didak.
  • Dilakukan dengan benar, maka ketebalan dak beton mampu untuk meredam bukan hanya air namun juga panas sinar matahari dengan baik. Sebagai perlindungan estra bagian bawahnya bisa dipasangkan gypsum agar ruangan bawah semakin sejuk dan cantik pada saat yang bersamaan.
  • Bentuk dak seperti minimalis yang dengan dak beton maka akan minim perawatan serta mudah dibersihkan. Desain minimalis yang simpe dan minim ornamen juga buat dak beton sederhana dan berbentuk datar saja. Jadi, pembersihan dan perawatan mudah terlihat oleh mata dan cukup dibersihkan dengan sapu atau disiram saja.

Kekurangan Dak Beton

Selain keunggulannya yang menjadi alasan dak jenis ini populer, ketahui pula kekurangannya. Dak beton memiliki beberapa minus untuk dipertimbangkan sebelum menerapkan dak beton ini pada rumah anda.

  • Harga pembuatanya cukup mahal, Karena tidak sembarang tukang  dapat melakukan jenis dak seperti ini. Pengerjaan dak beton perlu mesin, material dan pastinya tenaga konstruksi profesional yang khusus. Sebagai tambahan kekuatan dak, kadang menggunakan jasa khusus lain seperti jasa pembuat floor hardener atau waterproofing. 
  • Akan tidak mudah untuk dibongkar. Bila nantinya penghuni rumah memutuskan untuk renovasi rumah maka bagian daknya akan sulit dihancurkan. Karena sudah terpasang kokoh dengkap dengan rang besinya yang semakin buat lapisannya kokoh dan tidak mudah dirombak.
  • Secara umum, dak beton tahan air. Tapi agar lebih kuat dan anti kebocoran juga perlu tambahan material lain seperti lapisan anti air dan pengerjaannya. Tentu harga floor hardener sika serta pengaplikasiannya, menambah kerumitan dan ekstra tenaga pada keseluruhan proses.

Setelah membaca penjabaran diatas yang panjang lebar maka pertimbangkan sebua aspeknya. Baik dan buruknya dek beton untuk hunian  minimalis tergantung pada budget, lokasi rumah dan tentunya pilihan pemilik rumah,