Pentingnya Mengaplikasikan Lapisan Anti Air Di Rumah

Atap merupakan salah satu bagian teratas dari rumah, atap menjadi penopang untuk pemasangan genting yang akan terekspos oleh panas matahari, air hujan, atau benda-benda lainnya yang mungkin jatuh atau terlempar ke atas genting. Genting dengan kualitas yang baik akan mampu melindungi  penghuni rumah dari hal-hal tersebut tetapi untuk melindungi dari air dibutuhkan tambahan seperti waterproofing membrane yang akan menambah kemampuan atap dalam menolak air, tetapi tidak semua orang menyadari pentingnya penambahan tersebut.

Akibat Buruk Menghindari Penggunaan Waterproofing

Tidak semua orang menganggap penting penggunaan waterproofing pada bagian atap dan genting karena mereka merasa penggunaan waterproofing pada atap tidak ada gunannya, padahal kenyataannya terdapat beberapa jenis atap dan genting pada bangunan yang membutuhkan treatment tambahan seperti waterproofing.

Untuk rumah-rumah yang menggunakan jenis atap datar berbahan beton cor menjadi keharusan untuk menggunakan waterproofing membrane karena cor beton akan langsung terekspos oleh air, membran yang dipasang akan melindungi cor beton dari air sehingga menghindari air merembes ke dalam rumah. Walaupun terlihat padat, atap yang terbuat dari beton cor tetap memiliki jaringan kapiler yang memungkinkan air untuk menerobos masuk secara perlahan tentu, jika kalian melupakan pemasangan lapisan anti air akan menurunkan durabilitas bangunan, selain itu rumah kalian akan menjadi lembab karena kebocoran.

Pemasangan genting yang terbuat dari tanah liat, keramik atau metal juga membutuhkan penanganan khusus untuk menghindari terjadinya kebocoran air, pada atap terdapat celah atau bagian yang tidak tertutup genting, bagian -bagian ini rentan menjadi titik masuk air ke dalam rumah jika tidak dilapisi oleh lapisan anti air. Jikalau rumah kalian menggunakan kerangka atap dari kayu hal ini akan berbahaya karena air bisa merusak dan mengurangi kekuatan dari kayu.

Rangka atap kayu memiliki potensi untuk menjadi basah dan lapuk akibat rembesan air dari genting yang bocor, oleh karena itu tidak ada salahnya jika kerangka atap dari kayu yang kita miliki dilapisi oleh waterproofing coating yang biasanya berbentuk seperti cat. Pelapisan ini dimaksudkan untuk menambah durabilitas dari rangka kayu sehingga tidak mudah rapuh karena termakan oleh air.

Kemungkinan lain yang bisa terjadi adalah air rembas di titik-titik yang tidak terduga seperti pada bagian luar bangunan atau dinding yang menopang struktur atap. Kalian harus memperhatikan juga bagaimana posisi atap dari rumah yang berdempetan dengan rumah kalian. Selain itu, kalian juga harus mengidentifikasi struktur-struktur bangunan di mana kalian menempatkan talang air, pada bagian-bagian tersebut merupakan bagian yang rentan terkena air sehingga sebaiknya diberikan pelapis anti air untuk menjaga durabilitas dan ketahanan struktur bangunan.

Berlebihan menggunakan lapisan anti air adalah sebuah kesalahan

Tetapi kalian juga tidak boleh berlebihan dalam menggunakan waterproofing coating di rumah. Salah satu contoh salah adalah menggunakan lapisan anti air ini di bagian atas platfom rumah, penggunaan ini salah karena jika terjadi kebocoran di atap rumah kita tidak mengetahui lokasinya dan keberadaannya karena tidak Nampak bercak air, bisa jadi malah timbulnya genangan air di bagian atas platform yang berpotensi untuk menimbulkan gangguan konsleting lisrik di rumah.

Itulah beberapa saran mengenai bagaimana kita seharusnya menggunakan lapisan anti air di atap rumah kita, pemakaian lapisan anti air juga harus tetap guna dan tepat manfaat, jangan sampai pemakaian yang berlebihan malahan merugikan kita.