Mengenal Lebih Jauh Jenis-Jenis Lantai Vinyl

Varian Lantai Vinyl yang Perlu Anda Tahu

Lantai vinyl merupakan jenis lantai yang terbuat dari material fiber. Bahan ini berupa pelapis dengan bentuk lembaran yang nantinya akan ditempelkan ke permukaan lantai. Pelapis vinyl ini banyak digunakan di masyarakat karena selain desainnya sangat bervariasi juga karena harganya relatif terjangkau. Ya, harga pelapis vinyl untuk lantai lebih murah dibandingkan pelapis lantai lainnya.

Lantai menjadi salah satu bagian terpenting dari sebuah rumah. Selain atap dan dinding, lantai merupakan bagian rumah yang akan menyempurnakan perlindungan untuk penghuninya. Selama ini mungkin kita mengenal keramik sebagai bahan untuk membuat lantai. Namun, selain keramik ada beberapa jenis material yang banyak digunakan untuk membuat lantai di rumah Anda.

Salah satu material yang saat ini banyak difavoritkan untuk membuat lantai saat ini adalah vinyl. Vinyl dinilai sangat praktis digunakan sebagai pelapis lantai. Selain itu, material ini juga sangat mudah untuk didapat dan mudah pula untuk dipasang. Sebelum menggunakan vinyl untuk lantai di rumah Anda, Anda perlu tahu bahwa pelapis vinyl ini terbagi menjadi beberapa jenis.

 

Jenis Vinyl

Bahan vinyl lantai roll maupun lembaran banyak tersedia di pasaran saat ini. Bukan hal yang sulit jika Anda ingin menggunakan vinyl sebagai pelapis di lantai rumah Anda. Bahan pelapis vinyl juga memiliki banyak varian. Anda bisa menyesuaikan jenis vinyl yang akan dipasang dengan tipe ruangan yang akan dipasangi.

Agar bisa mendapatkan jenis vinyl yang paling sesuai dengan kebutuhan, berikut adalah beberapa jenis lantai vinyl yang beredar di pasaran:

 

1. Kayu Vinyl Plank

Jenis vinyl yang satu ini berbentuk persegi panjang dan memiliki motif yang menyerupa papan kayu. Karena itulah, vinyl yang satu ini disebut dengan nama vinyl plank. Vinyl plank biasanya hadir dalam ukuran panjang sekitar 90-100 cm dan lebar 10-20 cm. Vinyl ini bisa menjadi pilihan tepat jika Anda ingin memiliki lantai kayu dengan biaya yang lebih terjangkau.

Vinyl kayu terbuat dari potongan kecil kayu yang disatukan. Biasanya, kayu yang digunakan adalah jenis kayu jati, merbabu, atau ulin. Lantai kayu vinyl seperti ini akan sangat cocok diaplikasikan di rumah dengan konsep natural dan etnik. Warna yang tersedia juga bervariasi namun masih sesuai dengan warna dan motif kayu.

 

2. Vinyl Roll

Vinyl roll menggunakan bahan PVC dan bentuknya menyerupai karpet. Jenis vinyl yang satu ini memiliki panjang sekitar 25 meter dan lebar 2 meter. Walaupun bentuknya menyerupai karpet namun vinyl roll ini berbeda dari jenis karpet lainnya. Selain itu, motif dan warna yang dimiliki juga sangat bervariasi dan harganya juga lebih terjangkau dibanding pelapis lantai lainnya.

 

3. Vinyl Tile

Jika vinyl roll memiliki bentuk menyerupai karpet, maka vinyl tile memiliki bentuk menyerupai keramik. Bentuknya seperti keramik namun dengan ukuran yang sangat bervariasi. Cara pemasangannya juga mirip seperti keramik hanya saja lebih sederhana dan bisa lebih cepat karena hanya menggunakan lem. Selain itu sambungan tiap tile juga tidak terlihat.

Motif dari vinyl tile sangat bervariasi. Anda juga bisa mendapatkan aneka jenis warna yang dapat disesuaikan dengan konsep ruangan Anda. Jenis vinyl yang satu ini bisa menjadi alternatif jika Anda tidak ingin menggunakan keramik untuk alasan tertentu.

 

Itulah tadi beberapa jenis lantai vinyl yang perlu Anda tahu. Setiap jenis vinyl memiliki karakteristik masing-masing. Anda bisa memilih jenis vinyl yang paling sesuai dengan selera dan konsep ruangan Anda. Pastikan vinyl pilihan Anda bisa memaksimalkan tampilan ruang dan membuat Anda merasa nyaman di dalam rumah.