6 Keunggulan Pemanfaatan Bahan GRC sebagai Plafon Pada Bangunan

Tahukah anda bahwa saat ini ada berbagai jenis plafon yang sering digunakan pada bangunan? Pengaplikasian plafon ataupun langit-langit atap, sekarang nggak hanya berfungsi sebagai pelindung dan penutup bagian atas bangunan loh, melainkan, fungsi plafon ini juga berkembang sebagai tampilan interior.

Kini tak jarang, masyarakat memilih plafon yang bisa memberikan fungsi kegunaan serta estetika. Contohnya saja seperti memilih plafon yang berasal dari material GRC Board. Tentunya, anda ingin punya rumah yang berfungsi maksimal dengan interior yang keren bukan? Nah, jenis plafon GRC ini, memiliki beragam keunggulan dalam pengaplikasiannya sebagai plafon bangunan loh. Apa saja sih keunggulan plafon ini? Yuk simak keunggulannya berikut ini!

Keunggulan Pemanfaatan Plafon GRC Pada Bangunan

Keunggulan Pemanfaatan Plafon GRC

Dalam mempertimbangkan pemilihan material Glassfiber Reinforced Cement, sebaiknya anda mengetahui beberapa keunggulan material ini.

1. Beragam variasi bentuk

Material GRC untuk plafon ini ternyata memiliki dua varian bentuk, yakni dengan square edge atau tepian rata dan juga recessed edge atau tepian landai. Nah, dalam pengaplikasiannya, jenis GRC square edge juga bisa dikombinasikan dengan kerangka material aluminium, polivinil klorida, dan sebagainya.

2. Lebih mudah dibentuk

Plafon GRC Board memiliki keunggulan dalam materialnya yang lebih mudah untuk dibentuk saat pengerjaan. Hal ini sangatlah berbeda dengan sifat plafon kayu yang cenderung keras dan susah dibentuk. Selain itu material GRC ini juga memiliki sifat yang cukup lentur, sehingga pengaplikasiannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan plafon.

3. Tahan air dan kelembaban

Plafon jenis GRC ini juga memiliki ketahanan terhadap kelembaban dan air. Sehingga tentu saja, pengaplikasiannya bisa digunakan di area yang rawan kelembaban seperti dapur dan kamar mandi. Area rumah tersebut sangatlah rawan terkena rembesan air serta asap dapur yang memicu suhu lembab.

Atau bagi Anda yang ingin mengaplikasikannya untuk area yang semi outdoor, seperti garasi dan gazebo, plafon GRC ini bisa jadi pilihan yang tepat. Karena papan GRC ini bisa tahan dari perubahan cuaca dan juga air hujan. Jadi anda ngga perlu khawatir plafon ruangan outdoor anda mudah rusak, karena seringnya terpapar panas dan hujan secara langsung.

4. Pemasangan lebih mudah dan cepat

Keunggulan GRC dalam pemasangannya yang lebih mudah dan cepat ini, sangatlah berkaitan dengan karakteristiknya yang lentur dan memiliki sifat luwes. Karena kemudahan materialnya untuk dibentuk, tentu saja proses pemasangan menjadi lebih cepat. Selain itu karakteristik permukaannya yang cenderung halus dan merata, membuat GRC tidak perlu dilakukan plamir maupun pengecatan ulang.

5. Aman bagi kesehatan penghuni rumah

Material GRC ini dibuat dari bahan serat glassfiber, yang membuatnya aman untuk digunakan sebagai plafon rumah. Tentu saja bahan ini sangat berbeda dengan asbes, yang rawan menyebabkan penyakit jika terlalu lama dihirup. Dan yang paling penting, material GRC ini sangat tahan terhadap api sehingga aman dari terjadinya kebakaran.

6. Lebih hemat

Meski memiliki beragam keunggulan sebagai plafon bangunan, tapi harga grc board ini bisa anda dapatkan dengan biaya yang cukup terjangkau loh. Ditambah lagi, masa pemakaiannya pun bisa bertahan lama. Anda tak perlu harus sering-sering melakukan perbaikan ataupun renovasi karena kerusakan plafon. Tentu saja akan sangat menghemat biaya pengerjaan dan perawatannya bukan?

Itulah tadi 6 keunggulan menggunakan material GRC pada bagian plafon rumah. Keunggulan inilah yang membuat banyak orang kini lebih tertarik untuk memanfaatkannya. Nah, tunggu apa lagi? Segera aplikasikan papan GRC ini pada plafon rumah anda.