Ini Dia Tips Melepaskan Karpet Tile yang Paling Mudah Tanpa Ribet!

Sejak munculnya karpet jenis tile, banyak orang secara berangsur meninggalkan karpet gulung ataupun jenis karpet lainnya. Hal ini disebabkan karena jenis karpet ini sangat mudah di rawat serta memiliki pilihan desain yang sangat elegan. Namun bagi sebagian orang yang baru pertama kali menggunakannya, seringkali mengalami kendala dalam hal pembongkaran karpet tile yang sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah tanpa bantuan orang lain.

Tips Mudah Membongkar Karpet Tile Tanpa Ribet

Untuk membantu anda yang masih awam dalam hal perawatan dan pembongkaran karpet jenis tile, ada beberapa cara yang bisa diterapkan. Berikut 3 tips mudah dalam membongkar karpet tanpa bantuan pekerja atau jasa, diantaranya :

1. Siapkan Peralatan yang Mendukung

Langkah paling awal yang sangat penting namun sering diremehkan adalah persiapan alat yang dibutuhkan saat proses pelepasan karpet jenis tile. Beberapa alat tersebut diantaranya adalah masker, vaucum cleaner untuk membersihkan karpet sebelum dilepas, serta keranjang untuk meletakkan karpet yang sudah dibongkar. Selain itu  siapkan juga bantuan dari orang terdekat yang bisa meringankan pekerjaan anda.

Pastikan semua peralatan yang dibutuhkan ada dalam ruangan yang sama dengan tempat anda membongkar karpet. Dengan demikian, ketika sedang melakukan proses pelepasan dan membutuhkan peralatan atau bantuan orang lain tidak perlu mondar-mandir untuk mengambilnya.

2. Pindahkan Perabotan yang Ada di Atasnya

Langkah ke dua barulah masuk dalam proses pengerjaan yang membutuhkan tenaga cukup untuk melakukannya. Anda bisa memindahkan perabotan yang ada di atas karpet, seperti lemari, meja, ataupun kursi. Ketika pemindahan ini lah anda membutuhkan orang lain jika benda yang ada di atas karpet cukup berat.

Namun, untuk meringankan pekerjaan lakukan pembongkaran karpet secara bertahap, yakni dimulai dari bagian yang tidak ditempati perabotan. Setelah itu, barulah bagian yang paling kotor karena berada di bawah perabotan tadi bisa dibongkar terakhir.

3. Gunakan Spatula atau Scrapper untuk Pelepasan

Scrapper

Pada karpet jenis tile yang tidak menggunakan lem ketika diaplikasikan, bisa dibongkar dengan mudah karena tidak membutuhkan alat apapun. Anda cukup mengambilnya berurutan dengan tatanan karpet tile yang disusun ketika dipasang. Namun, masker anti debu harus selalu digunakan untuk mengantisipasi banyaknya kotoran yang berterbangan dari bagian bawah karpet, terlebih jika tidak di lem.

Sementara itu, jika menggunakan lem, barulah anda bisa memanfaatkan spatula dan scrapper untuk melepaskan perekat nya. Lakukan pencungkilan secara perlahan menggunakan spatula agar tidak merusak karpet dan upayakan untuk berhati-hati, agar tidak melukai tangan.

4. Mulai Pelepasan dari Sudut Karpet

Dalam melakukan pelepasan karpet lantai, lakukan dengan prosedur yang benar, yakni dimulai dari setiap sudut nya. Selain itu pastikan untuk mencari sudut yang memiliki kerekatan paling rendah untuk memancing bagian lainnya bisa terlepas. Jika salah satu bagian sulit dilepaskan, carilah sudut lainnya, yang lebih mudah, namun hindari memulainya dari bagian sisi yang sulit.

Pelepasan karpet yang dimulai dari bagian dengan daya rekat tinggi, dikhawatirkan menyebabkan spatula anda meleset dan merusak bagian karpet. Hal lainnya yang perlu diingat adalah untuk senantiasa mendahulukan karet yang membutuhkan perlakuan khusus. Misalnya karena kotor, atau terkena noda cair yang harus segera dibersihkan, maka bagian ini wajib dilepas pertama kali.

Dari tips di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk melepaskan karpet dalam bentuk potongan, anda hanya butuh alat bantu sesuai standar serta mengamankan faktor dari luar yang membantu proses pembongkaran. Setelah tahap tersebut dilakukan, barulah pelepasan bisa dilakukan dengan mudah dan tentunya tidak merusak komponen karpet. Dengan demikian, cara melepas karpet tile tidak lagi menjadi masalah yang besar ketikan akan melakukan perawatan.