Ide Interior Lantai Klasik dengan Tema Kayu

Interior suatu ruangan terdiri atas beberapa elemen yang saling berhubungan, mulai dari bagian bawah/lantai, dinding hingga plafond. Semua elemen ini harus saling melengkapi untuk menciptakan interior yang bagus secara keseluruhan. Perlu adanya keseimbangan tiap bagian agar ruangan bisa nyaman dan tidak membosankan. Saat ini sudah ada banyak muncul design interior yang baru beserta pilihan bahan yang kian beragam. Namun bagi Anda yang tidak suka selalu berganti-ganti gaya tentu memilih interior dengan gaya yang tak pernah ada matinya adalah pilihan baik. Maka gaya klasik dan perpaduan dengan alam adalah contoh yang bisa diterapkan diruangan Anda termasuk untuk interior lantai. Bahan dengan tema kayu bisa menjadi pilihan yang tepat mengingat sekarang makin banyak yang jual parket murah untuk kesan hangat pada interior lantai Anda.

Interior Lantai Kayu Untuk Tema Ruangan Tak Lekang Waktu

Interior lantai merupakan salah satu elemen penting yang saat ini makin banyak jenisnya dan semakin sering yang menjualnya. Memilih bahan dengan tema kayu bisa membuat gaya interior selain nyaman tentu tak lekang oleh waktu. Berikut beberapa contoh interior lantai parket untuk melengkapi referensi interior ruangan Anda:

1. Lantai vinyl

Bahan ini terbuat dari polimer sintetik yang dipercantik dengan pigmentasi dan penambahan warna juga motif disertai pilihan corak yang beragam. Lantai vinyl memiliki dua tipe yakni ubin menyerupai keramik persegi dengan kesan klasik dan tipe papan seperti lantai parket yang menyerupai lantai kayu asli. Lantai vinyl merupakan solusi lantai yang murah, mudah dipasang dan juga tahan lama untuk pilihan gaya klasik tema kayu.

2. Lantai kayu alami (hard wood)

Tampilan interior ruangan yang natural kian trend akhir-akhir ini, sehingga banyak yang memilih bahan alami seperti kayu menjadi bahan-bahan bangunan termasuk sebagai interior lantai. Lantai kayu asli dibuat menggunakan pohon yang dipotong kecil-kecil kemudian diolah tanpa campuran bahan lain sehingga kualitas lantai jenis ini sangat premium. Hal ini yang membuat harga jualnya tergolong mahal. Pemasangan lantai kayu ini biasanya dilakukan dengan cara menyusun potongan-potongan kecil (lantai parket) yang telah diolah tadi hingga menutupi seluruh lantai. Sehingga proses pemasangan terbilang cukup susah dan lama. Jenis pohon yang digunakan sebagai parket ialah pohon dengan kayu berkualitas tinggi seperti jati, merbabu, Oak, dan sebagainya.  Penggunaannya bisa dimana saja serta cocok dengan nuansa apa saja.

3. Lantai kayu rekayasa (engineered wood)

Bahan ini menyerupai kayu asli yang juga diolah menjadi lantai parket namun beda bahan penyusun. Parket kayu rekayasa menggunakan kayu lapis pada bagian bawah dan kayu murni pada bagian atas yang direkatkan dengan lem berkualitas menggunakan mesin khusus. Harga jual untuk lantai ini cenderung murah dibandingkan lantai hard wood karena tidak menggunakan kayu keras murni.

Parket hasil engineering ini memiliki kekuatan yang baik dan juga ketahanan terhadap air. Jenis lantai yang satu ini sangat cocok untuk pecinta tampilan rumah elegan yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di toko yang jual parket murah.

4. Lantai ubin mengambang

Jenis ini termasuk lantai tipe keluaran baru dari olahan kayu menggunakan teknik laminasi. Dibuat menggunakan campuran potongan kayu keras yang sudah jadi serbuk dengan berbagai bahan lain kemudian di-press menggunakan mesin khusus menjadi lembaran lantai parket kayu dengan sebutan high density fiber (HDF).

Selanjutnya hasil ini dilaminasi menggunakan mesin agar tampilannya mengilat. Pemasangannya cukup mudah yakni menyusun potongan parket menjadi sebuah struktur yang stabil. Karena berbahan sintetis tampilannya mudah memburam tapi cukup terjangkau di toko yang jual parket murah.