Ide Hiasan Unik untuk Ruang Kelas Anak Usia Dini agar Lebih Bersemangat

Kegiatan belajar di sekolah untuk anak – anak usia 3 tahun sampai 5 tahun biasanya menjadi hal yang menyenangkan sekaligus membosankan. Bagaimana bisa? Sekolah terasa membosankan karena anak di usia dini merupakan usia di mana mereka lebih cepat merasa bosan jika berada di kondisi lingkungan yang selalu sama, namun sekolah juga bisa menjadi menyenangkan karena di rentang usia tersebut adalah usia di mana mereka suka sekali berpetualang atau meng-explore.

Dengan bersekolah maka anak – anak menjadi memiliki banyak teman, pengalaman dan juga mendapat ilmu. Namun bagaimana jadinya kalau anak – anak usia dini mulai merasa bosan saat bersekolah? Tentu hal ini bisa di atasi dengan cara menghias ruangan sekolah semenarik mungkin. Berikut ide hiasan unik untuk ruang kelas anak usia dini agar lebih bersemangat belajar.

Menghias Langit – Langit Kelas dengan Hiasan Gantung Origami

Kreasi origami sudah cukup populer sejak zaman dahulu. Origami merupakan seni melipat kertas dan dibentuk menjadi hiasan, seperti origami bintang, burung, katak, bunga dan masih banyak lagi kreasi lainnya. Hiasan yang terbuat dari origami bisa menjadi alternatif untuk membuat suasana kelas lebih ceria sehingga membuat anak – anak menjadi lebih semangat belajar.

Menghias Dinding Kelas dengan Gambar Karya Anak

Anak – anak biasanya senang sekali mencorat coret dinding atau kertas. Hal itu justru bisa menjadi inspirasi untuk menghias ruang kelas. Menggunakan hiasan dengan hasil karya anak – anak, akan membuat mereka lebih bersemangat dalam belajar. Mereka juga merasa lebih dihargai karena karyanya bisa menjadi hiasan dan dipajang pada dinding sekolah.

Menghias Kelas dengan Menggunakan Tema Ceria (Karnaval)

Dari orang dewasa sampai anak – anak tentu sangat menyukai warna – warna yang ceria. Oleh karena itu, dengan menghias ruang kelas menggunakan tema yang ceria seperti karnaval akan membuat suasana lebih bersemangat. Wallpaper bisa menjadi pilihan untuk mewujudkan hiasan tema karnaval. Sudah banyak toko yang menjualnya dengan harga wallpaper dinding murah. Untuk mendapatkan wallpaper yang sesuai juga cukup mudah, karena sudah tersedia banyak motif.

Menghias Kelas dengan Suasana Laut

Warna biru memiliki efek psikologis menenangkan dan nyaman. Menghias kelas anak – anak usia dini dengan suasana laut bisa menjadi alternatif untuk membuat kelas lebih ceria. Tema laut bisa diaplikasikan pada ruang membaca, sambil mempelajari berbagai macam jenis biota dan hewan laut. Dengan menggunakan warna biru akan membuat anak – anak lebih tenang.

Menghias Kantin Sekolah dengan Hiasan CupCake 

Kantin sekolah merupakan tempat favorit anak – anak untuk beristirahat dan melepas rasa lapar. Oleh sebab itu, menghias kantin dengan berbagai ornamen yang menarik seperti hiasan kue – kue cantik. Cup Cake dapat membuat suasana kantin lebih menyenangkan sehingga membuat anak – anak betah berlama – lama.

Hiasan – hiasan yang lucu dan menarik memang sangat diperlukan untuk mendukung suasana belajar supaya lebih bersemangat. Terutama bagi anak – anak yang masih memiliki mood mudah berubah karena suasana lingkungan. Selain menghias ruang kelas, para guru dan murid juga bisa menghias bagian luar sekolah dengan mengaplikasikan cat berwarna warni dan dilengkapi gambar – gambar unik. Untuk hiasan interior kelas bisa menggunakan wallpaper sebagai alternatif pengganti cat. Sekarang ini sudah banyak wallpaper dinding yang dijual dengan beraneka ragam harga dan motif.