GRC Board Retak? Ikuti Langkah Ini Untuk Memperbaikinya!

Apakah anda berencana untuk membangun atau merenovasi rumah serta menginginkan dekorasi rumah yang berbeda dan unik dari sebelumnya? Cobalah berkreasi dengan material GRC!

Glassfibre Reinforced Cement atau biasa dikenal dengan sebutan GRC merupakan salah satu jenis beton namun material ini diperkuat oleh serat. Komposisi dari GRC ini terdiri atas pasir halus, polimer akrilik, air, semen, agregat serta kaca serat tahan alkali. GRC sering digunakan sebagai material untuk membuat plafon. Partisi GRC ini sendiri memiliki fungsi yang sama saja dengan yang dimiliki oleh partisi gypsum. Cukup dengan memiliki ketebalan sebanyak 6mm saja, GRC sudah dapat digunakan untuk membentuk sebuah partisi, karena sifatnya yang lebih kuat serta kokoh apabila dibandingkan dengan partisi gypsum.

Cara Merapihkan Sambungan GRC Board, Wajib Tahu!

Pengaplikasian GRC sendiri selain untuk bahan membuat plafon dapat juga dijadikan sebagai pelapis dinding dan kolom interior maupun eksterior, juga bisa menjadi penyekat ruangan untuk bangunan bertingkat. Selain itu juga pemasangan GRC dapat terbilang murah mengingat pemasangannya yang tidak begitu sulit serta apabila ada bagian yang rusak cukup diganti salah satu panel yang rusak saja. Kelebihan lain dari GRC ini sendiri adalah tahan terhadap cuaca baik lembab ataupun panas sehingga sangat cocok bagi wilayah Indonesia yang merupakan negara tropis.

Namun GRC juga memiliki kekurangan. Diantaranya adalah perlunya pemesanan secara langsung atau lebih dikenal dengan istilah custom apabila ingin menggunakan material ini untuk mempercantik bangunan rumah anda. Selain itu juga langka ditemukannya GRC yang tersedia dalam berbagai macam ukuran sehingga cenderung memesan dalam satu ukuran saja. Akan tetapi hal tersebut mungkin tidak akan menjadi permasalahan yang besar mengingat sifat GRC yang mudah dibentuk dan sangat menarik perhatian para arsitek ini.

Mengenai harga GRC board ini sendiri di wilayah Jakarta rata-rata berkisar sebesar Rp. 500,000/m2 (meter persegi) dengan biaya pemasangan sebesar Rp. 100,000/m2. Cukup terjangkau bukan?

Setelah sebelumnya telah dibahas mengenai bagaimana cara menggantikan partisi GRC yang rusak yaitu cukup dengan menggantinya dengan satu panel baru saja, perlu diketahui juga mengenai cara-cara merapihkan sambungan GRC board ini. Kira-kira seperti apa ya? Mari kita simak langkah-langkah berikut.

Upaya untuk merapihkan sambungan GRC Board yang retak adalah dengan menggunakan compound A+B dimana komposisi material tersebut terdiri atas tepung gypsum yang dicampur dengan menggunakan lem kayu atau rakol.

Baca juga: 4 Desain Ruang Meeting Ini Bikin Nyaman Saat Rapat

GRC compound A+B ini memanglah dibuat hanya sebagai lapisan dasar penyambung dari partisi GRC ini. Cara pemakaiannya adalah dengan penggabungan compound A+B dengan menggunakan rasio 1:1 kemudian diaduk secara merata agar didapatkan hasil dari daya rekat yang optimal mengingat fungsi dari compound ini dapat dikatakan sebagai sebuah pondasi. Kemudian hasil dari campuran tersebut harus segera digunakan, kira-kira memakan waktu 30 menit sampai akhirnya campuran tersebut sudah dikatakan tidak layak untuk digunakan. Campuran ini akan mengeras dengan sendirinya dalam kurun waktu kurang dari satu jam atau sekitar 50 menit.

Dalam proses pemasangan rangka plafonnya pun perlu adanya pertimbangan jarak dengan gantungannya yaitu minimal 480mm dan 660mm. Setelah lapisan pertama compound selesai, apabila berniat untuk menimpa lapisan sebelumnya dengan lapisan baru diperlukan waktu sekitar 24 jam. Jadi disarankan untuk membuat campuran sedikit demi sedikit apabila ingin membuat model bertingkat menggunakan material ini.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mempelajari material bangunan dan juga bagi anda yang sedang berencana untuk membangun rumah namun ingin menggunakan design yang fresh dan dapat berkreasi semaunya, karena harga GRC board ini cukup terjangkau, lho. Semangat!