Furniture Yang Bikin Ruangan Mirip Ala Korea

Bagi Anda yang menyukai drama korea tentu tidak asing dengan interior rumah ala korea. Interor ala korea memang sangat menarik karena selalu menampilkan warna-warna cerah dan lembut dari piihan furniture dan penataan dekorasinya.Maka tidak heran jika interior ala korea sering menjadi impian bagi banyak masyarakat.

Mewujudkan interior ala korea tentu tidaklah sulit, Anda hanya perlu paham konsep dasar interior korea kemudian menerapkannya pada ruangan Anda. Ada beberapa jenis furniture yang akan menguatkan tema korea dalam ruangan Anda, salah satunya adalah gorden horizontal blind.

Interior ala korea sangat kental dengan konsep cahaya yang lembut dan terkontrol dan gorden horizontal dapat mengontrol masuknya cahaya matahari dengan lembut.

Gorden horizontal blind merupakan gorden yang terbentuk dari bilah-bilah tipis yang disusun secara horizontal. Ditilik dari sejarahnya, gorden ini berasal dari Tiongkok yang pada zaman itu gorden ini hanya terbuat dari kayu tipis-tipis dan disusun secara horizontal yang cukup ditarik untuk membuka atau menutupnya. Namun seiring perkembangan zaman, gorden ini tidak hanya terbuat dari kayu, melainkan dari alumunium, dan jenis-jenis bahan lainnya.

Horizintal blind ini merupakan gorden yang mengatur masuknya cahaya matahari secara horizontal terhadap ruangan, juga sekaligus menjadi gorden yang praktis, nampak anggun dan juga modern.  Gorden ini dibedakan menjadi tiga jenis berupa gorden bermotif dan berwarna penuh, motif kayu, dan berpori. Ukuran lebar dan tinggi  minimal gorden ini adalah 1 meter. Harga horizontal blind per meter sangat variatif tergantung jenis yang Anda pilih.

Keunggulan Gorden Horizontal Blind

Selain dapat memperkuat kesan korea pada ruangan Anda, gorden ini juga merupakan gorden yang fleksibel, artinya setiap ruangan apapun cocok dengan gorden ini seperti rumah, kantor, sekolah dan ruangan lainnya dan tentunya menyesuaikan dengan tema dan konsep ruangan. Adapun keunggulan horizontal blind di antaranya:

Elegan dan simpel

Pengaplikasian horizontal blind dipercaya dapat memberikan karakter ruangan yang kuat. Dengan model yang cukup simpel gorden ini mampu memberikan kesan elegan pada ruangan yang merupakan salah satu ciri khas interior korea. Gorden ini cocok diaplikasikan pada jendela dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan di jendela yang terletak cukup tinggi dari lantai dasar sehingga kuatnya kehadiran yang elegan akan semakin terasa.

Pengontrol cahaya yang efektif

Bilah-bilah dalam horizontal blind sangat mampu dalam mengontrol masuknya cahaya. Selain itu Anda juga dapat mengatur masuknya cahaya ke ruangan Anda sesuai dengan kebutuhan Anda dengan hanya mengatur seberapa besar bukaan bilah yang Anda inginkan pada gorden tersebut.

Kuat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa gorden horizontal blind terbuat dari material kayu maupun alumunium yang sejatinya memiliki kekuatan dan tahan karat. Jadi Anda tidak perlu khawatir gorden ini akan rusak. Namun Anda juga harus memperhitungkan bahan yang akan Anda aplikasikan, jika bahan gorden cukup berat maka maksimal ukuran jendelanya adalah 1.5 meter tinggi dan 2 meter lebar.

Mudah digunakan

Selain desain yang simpel, gorden ini juga mudah digunakan. Gorden ini memiliki dua jenis sistem untuk mengatur, yaitu menggunakan tali yang nantinya ditarik untuk membuka atau menutup gorden, dan tongkat untuk memutar bilah-bilah gorden yang mampu mencapai 180 derajat. Namun karena perkembangan teknologi yang semakin modern, kini tersedia pula sistem pengaturan yang hanya menggunakan remot kontrol baik untuk mengatur buka tutup gorden maupun untuk memutar bilah-bilah gorden. Canggih bukan? Namun tentu saja jika Anda membutuhkan gorden horizontal blind murah, pastinya yang menggunakan sistem tali atau tongkat.

Mudah dibersihkan

Karena bahannya yang keras, membersihkan gorden ini tidak seperti membersihkan gorden kain yang dapat dicuci. Tapi membersihkan gorden horizontal blind ini cukuplah mudah, Anda hanya perlu mengelap bilah-bilahnya dengan lap kering atau lap basah atau juga Anda dapat menggunakan penyedot debu.

Menggunakan horizontal blind tentu sangat menguntungkan, karena di samping mampu memberi kesan interior ala korea pada ruangan juga memudahkan Anda dalam merawatnya. Sementara itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa harga horizontal blind per meter sangat variatif. Di pasaran, harga horizontal blind ada di kisaran 50.000 sampai 500.000 per meter tergantung bahan, sistem dan motif.