Ini Dia Desain Ruang Makan untuk Rumah Mungil

Seperti yang kita tahu bahwa menempati hunian mungil memiliki kelebihan dan kekurangannya. Untuk kelebihannya, perawatannya jadi lebih mudah. Sedangkan kekurangannya, karena memiliki ukuran yang kecil kita harus berpikir ekstra supaya furnitur yang kita punya tidak memakan banyak tempat pada setiap ruangan, khususnya ruang makan. Nah, berikut ini adalah inspirasi yang bisa kamu lakukan dalam mendesain ruang makan yang minimalis, supaya bisa tetap nyaman saat menyantap makanan.

5 Desain Ruang Makan

Desain Skandinavia

Desain Ruang Makan untuk Rumah Mungil

Gaya Skandinavia merupakan model yang muncul diawal abad 20 dan berkembang ditahun 1950-an di lima negara. Gaya yang dibilang ‘core’ dari gaya minimalis ini adalah desain yang sangat terkait dengan fungsionalitas dan kesederhanaan. Ciri khas dalam desain skandinavia ini adalah warna dindingnya yang putih, lantai yang berbahan kayu, dan furnitur modern yang sederhana. Selain itu, tidak ketinggalan sentuhan-sentuhan warna yang pastinya membuat ruang makan terasa hangat, contohnya hiasan dinding, lampu gantung berwarna, dan karpet berwarna.

Desain Industrial

Desain Ruang Makan untuk Rumah Mungil

Konsep industrial berasal dari pabrik-pabrik di Eropa yang sudah tidak beroperasi. Biasanya konsep ini sering diterapkan di ruangan yang cukup luas, seperti di kafe maupun restoran, tetapi kita juga bisa lho menerapkan konsep ini di rumah. Pada umumnya, desain industrial didominasi dengan bahan kayu seperti yang digunakan di pabrik, dari meja makan kayu yang besar, kursi kayu, hingga lantai kayu. Selain itu, kita juga bisa menggunakan kursi besi untuk tempat duduknya. Biasanya lantainya terdiri dari parket. Jangan lupa juga untuk menambahkan hiasan dinding agar lebih estetik, seperti kipas angin dan lampu gantung berwarna netral.

Desain Beach House

Desain Ruang Makan untuk Rumah Mungil

Ingin menikmati makanan dengan suasana pantai yang indah? Coba saja ciptakan ruang makan dengan konsep beach house di dalam rumah. Material yang dibutuhkan untuk konsep ini merupakan material yang ringan dan warna yang cerah. Kamu bisa memberikan warna biru laut pada dinding, menggunakan lantai berwarna cokelat muda, dan memasang jendela di ruang makan untuk memudahkan sinar matahari yang masuk. Serta yang terpenting hiaslah ruang makan dengan hiasan dinding yang identik dengan pantai, seperti bintang laut, kerang laut, karang, dan tumbuhan laut. Supaya suasana berada di pantai semakin kuat, maka gunakanlah perabotan anti air, seperti rotan atau bambu.

Desain pedesaan

Desain Ruang Makan untuk Rumah Mungil

Konsep ini identik dengan bahan material yang alami, mentah, dan setengah jadi, seperti kayu dan bebatuan. Hal itu bisa dilihat dari temboknya yang terbuat dari batu bata tanpa dilapisi cat atau semen. Untuk lantainya, gunakan lantai kayu jenis parket. Supaya lebih menambahkan kesan pedesaan, berilah tanaman-tanaman hias di sekitarnya atau bisa juga memasang karpet rumput sintetis pada lantai.

Desain Bohemian

Desain Ruang Makan untuk Rumah Mungil

Karakter dari desain bohemian tidak tentu dan hanya mengacu pada ketidakpastian dan ketidakaturan. Semua yang tercipta dalam konsep ini sangat spontan dengan memanfaatkan benda-benda yang telah ada. Mebel-mebel yang digunakan pun sangat sederhana. Meskipun begitu, gaya bohemian lebih bermain dengan warna dan menambahkan unsur vintage dan etnis. Dua unsur tersebut bisa digunakan sebagai hiasan dinding.

Desain Vintage

Desain Ruang Makan untuk Rumah Mungil

Meskipun memiliki kesan yang tradisional, tetapi desain vintage kini banyak digemari oleh semua orang. Sifat tradisional dalam pembahasan ini mengacu pada tradisional di Indonesia, di mana furniturnya identik dengan kayu jati yang besar dan memiliki ukiran. Untuk mejanya gunakanlah meja kayu polos tanpa ornamen. Kamu juga bisa menaruh kesan modern di kursinya dan menambahkan unsur batik di badan kursinya. Jangan lupa juga untuk mendekor dinding dengan sentuhan khas Indonesia, seperti anyaman bambu, miniatur wayang, hiasan dinding yang terbuat dari kain, dan sebagainya.