Begini Lho Cara Mengatur Dekorasi Rumah yang Minimalis!

Jika tinggal di pemukiman yang sangat padat, mau tidak mau kita harus membangun rumah yang minimalis. Dengan menghuni suatu rumah minimalis, kita pastinya akan direpotkan ketika mengatur perabotan dan dekorasi yang digunakan. Apalagi jika memiliki perabotan yang banyak, maka kita semakin kebingungan untuk menimbang barang mana saja yang perlu dibuang atau yang masih dibutuhkan.

7 Tips Mengatur Rumah Minimalis

Movable partition adalah salah satu solusi yang tepat. Model partisi ini tidak menempel pada dinding atau lantai, jadi bisa kita pindahkan sesuai yang diinginkan. Tidak hanya itu, masih banyak lho alternatif lain untuk mengatur dekorasi rumahmu yang minimalis. Simak yuk uraiannya di bawah ini!

1. Memilih warna yang tepat

Cara Mengatur Dekorasi Rumah yang Minimalis!

Tidak ada salahnya bila kita menentukan cat warna rumah sesuai dengan selera. Akan tetapi, pemilihan warna cat juga harus disesuaikan dengan kondisi rumah, terutama jika rumah kamu minimalis. Supaya menjadi lebih terang dan luas, sebaiknya pilihlah warna-warna yang terang, contohnya warna putih. Namun, jika  ingin memberikan kesan yang lebih ekspresif, kamu bisa juga menerapkan warna-warna muda lainnya, seperti warna krem. Akan tetapi, bila tetap ingin menerapkan warna gelap, coba tambahkan aksesoris pelengkap di rumah, seperti hiasan dinding dan karpet.

2. Membuat pola secukupnya

Cara Mengatur Dekorasi Rumah yang Minimalis!

Mengaplikasikan pola-pola yang berlebihan akan membuat rumahmu yang mungil akan menjadi lebih sempit, ramai, berantakan, hingga sesak. Oleh karena itu, hindarkanlah penggunaan banyak pola dengan memilih pola yang sederhana. Selain itu, pola yang dipilih akan memberikan kesan tersendiri pada ruangan. Misalnya, jika kita memilih pola horizontal maka ruangan akan menjadi lebih tinggi. Namun, jika kita memilih pola vertikal, akan memberikan kesan ruangan yang lebar.

3. Memilih perabotan yang transparan

Cara Mengatur Dekorasi Rumah yang Minimalis!

Banyak dikitnya perabotan harus selaras dengan ukuran rumah. Jika memiliki banyak perabotan, akan membuat ruangan menjadi lebih sempit, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, cobalah mengakalinya dengan menggunakan furnitur yang bersifat transparan.  Arilik atau kaca transparan merupakan material yang tepat karena dapat memantulkan cahaya, sehingga ruangan terkesan lebih luas dan tidak sesak.

4. Menghilangkan sekat ruangan

Cara Mengatur Dekorasi Rumah yang Minimalis!

Memakai penyekat ruangan akan menjadikan rumah yang mungil justru akan semakin terlihat kecil. Maka dari itu, hilangkan sekat dinding di antara ruangan dalam rumah, supaya sirkulasi menjadi lebih nyaman. Apabila ingin menambahkan sekat di ruangan yang lebih privasi, cobalah menggunakan movable partition, seperti rak, meja kabinet, dan sebagainya.

5. Memilih perabotan compact

Cara Mengatur Dekorasi Rumah yang Minimalis!

Selain memilih perabotan yang transparan, bisa juga mengakalinya dengan memilih perabotan compact  yang multifungsi. Misalnya dengan menambahkan laci pada kolong kursi atau tempat tidur. Kamu bisa memanfaatkan ruang yang kosong itu sebagai tempat penyimpanan perabotan yang tidak terpakai. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi memerlukan lemari penyimpanan. Selain kolong tempat tidur dan kursi,  ada juga benda yang multifungsi, seperti sofa bed. Jadi, dapat kamu pilih sendiri benda apa yang sesuai untuk menyimpan perabotan tersebut.

6. Memberikan cahaya yang maksimal

Cara Mengatur Dekorasi Rumah yang Minimalis!

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa ruangan yang terang menjadikan ruangan lebih luas. Selain pemilihan cat, kita bisa memaksimalkannya dengan memberikan jendela atau pintu berkaca agar cahaya bisa tetap masuk ke rumah. Jika ingin meggunakan cara lain, bisa juga menambahkan beberapa lampu hias pada sudut ruangan. Ingat ya, lampu yang dipilih bukanlah lampu yang redup.

7. Menggunakan perabotan berukuran kecil

Cara Mengatur Dekorasi Rumah yang Minimalis!

Pastikan ukuran perabotan yang dipilih, sesuai dengan ukuran rumahmu yang minimalis itu. Saat ingin menata rumah, pilihlah perabotan yang minimalis. Kamu juga perlu mengurangi aksesoris dan dekorasi ruangan. Supaya ruangan yang mungil tidak menjadi lebih sesak, maka pasanglah hiasan tersebut secukupnya.