Jangan Sampai Keliru! Inilah Cara Memasang Plafon Akustik Sendiri

Saat ini desain dekorasi rumah sangatlah beragam. Dari mulai bagian dalam hingga luar rumah semua sudah disediakan dan bisa kamu pilih sesuka hati. Salah satu dekorasi yang bisa digunakan adalah plafon rumah yang menarik, seperti misalnya penggunaan plafon jenis akustik. Jika kamu tertarik menggunakan plafon tersebut, maka harus tahu dahulu cara untuk memasangnya. Terlebih jika kamu memutuskan untuk memasang plafon akustik tersebut sendiri. Untuk itu, artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai cara memasang plafon jenis akustik secara sendiri.

Cara Memasang Plafon Jenis Akustik Tanpa Bantuan Jasa

Cara Memasang Plafon Akustik

Plafon akustik merupakan salah satu dari jenis plafon rumah yang kini mulai sering digunakan. Dari mulai gedung perkantoran hingga rumah pribadi, plafon jenis akustik siap memberikan pilihan yang menarik. Jika kamu tertarik untuk memasang plafon jenis tersebut, terlebih dahulu kamu harus memerhatikan cara memasangnya. Terlepas dari caramu memasang sendiri plafon atau menggunakan jasa pemasangan plafon jenis akustik profesional. Inilah cara memasang plafon jenis akustik yang baik dan benar.

Persiapan Bahan

Dalam pemasangan plafon akustik, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Pertama, siapkan palu, alat pengukur, gunting khusus hollow, dan tang serba guna. Untuk beberapa bagian kamu juga perlu gergaji besi. Sedangkan untuk bagian yang lebih rumit bisa memakai pisau pemotong. Sementara itu untuk hollow yang digunakan adalah ukuran 2 x 4 dan ukuran 4 x 4. Pada bagian gantungan kerangka, kamu bisa menggunakan bantuan kawat yang bersifat fleksibel. Selain itu, juga harus menyiapkan paku beton beserta skrup untuk mematenkan bentuk dari rangka. Dan bahan utamanya yaitu papan plafon jenis akustik yang bisa didapatkan dengan mudah dipasar. Terakhir, siapkan bor listrik untuk melubangi beberapa bagian yang akan dipalu maupun dipasangi sekrup.

Pemasangan rangka dan plafon jenis akustik

Langkah pertama yang perlu kamu perhatikan adalah rangka dari papan plafon yang kamu gunakan. Kita perlu memasang kerangka terlebih dahulu, caranya adalah ukur terlebih dahulu dengan bantuan selang timbang. Pasangkan braket yang sudah disiapkan dengan bantuan paku beton agar bisa menancap dengan sempurna. Jika tahap ini sudah selesai, selanjutnya pasang hollow 2 x 4 dan 4 x 4 sesuai desain yang sudah dibuat sebelumnya. Jika bagian rangka sudah terbentuk, selanjutnya buatlah gantungan rangka dengan bantuan kawat ke baja ringan maupun ke dak beton. Usahakan gantungan kawat tersebut bisa merata sesuai dengan bentuk ruangan yang digunakan.

Jika tahap ini sudah selesai, proses pengerjaan rangka sudah dinyatakan berhasil. Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah memasang papan akustik dengan baik dan benar. Gunakan papan tersebut yang sudah dipilih sesuai dengan rangka yang kamu gunakan.

Proses pemasangan rangkan akustik memang bisa dikerjakan sendiri jika mengikuti panduan pemasangan yang sudah ditentukan. Meskipun begitu, kamu bisa juga menggunakan jasa pemasangan profesional agar hasil akhirnya jauh lebih baik dan juga terhindar dari permasalahan. Hal tersebut dilakukan karena jasa pemasangan profesional siap memberikan garansi jika nantinya terjadi kerusakan. Untuk itu, pilihan kembali ada di tanganmu apakah akan mengerjakan sendiri atau menggunakan jasa pemasangan profesional.

Demikianlah artikel singkat namun sangat bermanfaat mengenai cara pemasangan plafon akustik secara sendiri. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam mengatasi permasalahan teknis yang terjadi ketika memasang plafon jenis akustik. Selamat mencoba dan semoga berhasil.